Makanan Tradisional Tahun Baru Korea Selatan

Diposting oleh Enjoy Wisata

Pada perayaan tahun baru, tentunya tak akan lengkap tanpa makanan khas tahun baru yang akan melengkapi kebahagiaan di awal tahun. Bila di Indonesia ada jagung bakar serta aneka makanan bakar lainnya, di Korea ada beberapa hidangan tradisional yang biasa disajikan saat tahun baru. Beberapa makanan tradisional ini tentunya tak sembarang dipilih karena mengandung makna, doa, serta harapan untuk sepanjang tahun nanti. Ingin tahu makanan tradisional Korea apa saja? Berikut ini kita akan memberitahu makanan tradisional Korea yang wajib ada saat Perayaan Tahun Baru.

Tteokguk

Tteokguk merupakan sup kue beras yang wajib disantap pada tanggal 1 Januari. Bagi masyarakat Korea, tahun baru tak ada artinya tanpa menyantap tteokguk karena hidangan ini melambangkan keberuntungan di awal tahun. Tteokguk terbuat dari kue beras yang diiris tipis-tipis lalu dimasak dengan kuah kaldu daging dan disajikan bersama irisan daging, dadar telur iris, rumput laut, dan juga daun bawang. Ingin mencobanya?

Yaksik

Makanan selanjutnya yang wajib ada di meja makan Korea saat Perayaan tahun baru adalah Yaksik. Ini merupakan hidangan manis yang melambangkan kesehatan pada tahun baru. Yaksik terbuat dari beras ketan, kenari, jujube, dan kacang pinus yang dibumbui dengan gula merah, minyak wijen, dan kecap. Yaksik disantap sebagai camilan setelah pergantian tahun yakni pada bulan Januari. Rasanya manis dan legit.

Jeon

Kalau di Indonesia ada makanan martabak tahu, di Korea juga memiliki makanan serupa yang dinamakan Jeon. Jeon merupakan pancake atau gorengan ala Korea. Jeon bisa dibuat dari irisan daging, seafood, serta aneka sayuran tergantung selera kamu. Daging atau sayuran yang sudah diiris kemudian dicelupkan dalam adonan tepung lalu digoreng hingga matang. Saat perayaan tahun baru, masyarakat Korea lebih suka membuat jeon yang berbentuk bulat seperti mentimun yang diiris, lobak, dan lain sebagainya.

Japchae

Hidangan Korea selanjutnya yang wajib adalah Japchae. Makanan yang satu ini pasti sudah banyak yang tahu, karena japchae sudah banyak dijual di restoran Korea di Indonesia. Japchae sekilas mirip dengan bihun goreng ala Indonesia, tapi japchae ini sangat berbeda dengan bihun goreng. Japchae terbuat dari mie ubi jalar yang ditumis dengan aneka sayuran, daging, serta aneka bumbu lainnya. Japchae memiliki makna panjang umur sehingga selalu dihidangkan pada pesta perayaan tahun baru.

Galbijjim

Galbijjim merupakan hidangan terakhir yang menjadi lauk wajib saat perayaan tahun baru di Korea. Galbijjim terbuat dari daging iga pendek yang dipotong-potong dan dicampur dengan aneka sayuran seperti kentang dan wortel lalu dimasak dengan cara dikukus dengan aneka bumbu seperti kecap, minyak wijen, daun bawang, merica, dan gula. Untuk memasak galbijjim membutuhkan waktu yang cukup lama, yakni bisa berjam-jam karena harus menunggu daging iganya benar-benar empuk.

Itulah beberapa makanan tradisional yang wajib ada saat Perayaan Tahun Baru di Korea Selatan. Untuk kamu yang ingin mencoba makanan khas tahun baru di Korea Selatan, kamu bisa menggunakan Paket Tour Tahun Baru Korea Selatan dari Sentosa Wisata. Dengan menggunakan Paket Tour Tahun Baru Korea Selatan, kamu akan diajak merasakan keseruan merayakan pergantian tahun di Korea Selatan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Paket Tour Korea Selatan, kamu bisa menghubungi kami di 021 - 2232 1476 / 087889375533 / 081297806480 / 085692001204 / 08990830702 atau Line @SentosaWisata
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Makanan Tradisional Tahun Baru Korea Selatan ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : https://www.enjoy-wisata.com/2018/11/makanan-tradisional-tahun-baru-korea.html

Bookmark and Share

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar... Baca dulu, baru komentar

Posting Komentar

Terima kasih atas kiriman komentarnya
Tim Sentosa Wisata akan segera menjawab

-Fast Response by WA 087889375533, 081297806480, 085692001204, 08990830702