Pesawat Jatuh, Lakukan Cara Ini untuk Selamat!

Diposting oleh Enjoy Wisata

Kejadian memilukan kemarin pasti sangat membuat kita semua menjadi waspada. Khususnya yang sering menggunakan Pesawat, entah untuk urusan bisnis ataupun liburan. Pesawat Lion Air JT 610 kemarin teridentifikasi jatuh di tanjung kerawang. Ini merupakan musibah besar bagi Maskapai Indonesia. Tidak ada yang menginginkan kejadian tersebut terjadi, kita semua harus selalu waspada. Kalau bisa kita harus dibekali ilmu tentang tidakan pertama ketika pesawat mengalami kecelakaan. Berikut ini kita akan memberikan sedikit informasi tentang beberapa hal yang harus kamu lakukan ketika berada di Pesawat yang akan Jatuh.

Duduk di bagian Ekor Pesawat

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah pilih tempat duduk yang berada di bagian ekor pesawat terbang. Perlu diketahui, bahwa para penumpang yang berada di ekor pesawat akan memiliki tingkat keselamatan 40% lebih tinggi dibanding penumpang lain yang duduk di barisan depan saat terjadi kecelakaan. Secara statistik memang lebih aman terbang dengan kelas ekonomi dibandingkan dengan penerbangan kelas satu atau first class. Karena ketika terjadi kecelakaan pesawat, keluar dengan cepat adalah prioritas utama untuk peluang keselamatan yang terbaik. Sebaiknya kamu mengambil kursi yang paling dekat dengan pintu keluar, di lorong pesawat ataupun di bagian belakang pesawat.

Lihat Situasi

Setelah kamu menentukan tempat duduk, yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah lihat situasi sekitar. Ketika pesawat akan jatuh, biasanya kamu mempunyai waktu beberapa menit untuk sampai dibawah. Waktu yang sangat berguna ini bisa kamu gunakan untuk melihat situasi yang ada disekitar, misalnya kamu akan jatuh di darat atau laut, dan mencari pintu keluar terdekat dari bangku yang kamu duduki. Misalnya pesawat akan jatuh di laut, kamu harus memakai pelampung sebelum pesawat benar-benar terjatuh. Apabila kamu berada di dekat pintu keluar, kamu harus mengetahui bagaimana cara membuka pintu keluar tersebut.

Persiapkan Diri

Selanjutnya yang harus kamu lakukan setelah mengetahui situasi sekitar adalah mempersiapkan diri untuk benturan atau goncangan. Kalau kamu sudah mengetahui bahwa pesawat akan terjatuh, persiapkan diri kamu dengan melepaskan semua barang-barang yang dapat membahayakan dirimu. Tutup risleting jaket dan pastikan sepatu Anda terikat kencang pada kaki. Kemudian ambilah satu atau dua posisi menahan standar yang digunakan untuk menyelamatkan diri dari kecelakaan pesawat dan cobalah untuk tetap tenang. Dalam posisi apa pun, pastikan telapak kaki kamu selalu rata di lantai dan berada lebih di belakang dari lutut. Ini bertujuan untuk mengurangi cedera pada telapak kaki dan tungkai kaki, kemudian letakkan kaki berada sejauh mungkin di bawah kursi untuk menghindari patahnya tulang kering.

Keluar dan Menjauh

Saat pesawat benar-benar terjatuh, kalau pesawat terjatuh di daratan, kamu hanya mempunyai 2 menit untuk keluar dan menjauh dari pesawat sebelum pesawat tersebut meledak atau terbakar. Apabila pesawat terjatuh di laut, sebaiknya jangan mengembangkan pelampung sebelum kamu benar-benar keluar dari pesawat. Apabila kamu mengembangkan pelampung saat pesawat akan terjatuh, ini akan menyulitkan kamu untuk keluar dari pesawat.

Itulah beberapa hal yang harus kamu lakukan ketika berada di Pesawat yang akan Jatuh. Semoga informasi ini bisa membuat kamu menjadi lebih siap menghadapi hal yang tidak diinginkan di pesawat terbang. Dan kami juga mempunyai sedikit tips yang harus di perhatikan kembali saat berada di Pesawat yang akan Jatuh
  1. Jika kamu dapat menemukan bantal atau sesuatu yang sama empuknya, gunakanlah itu untuk melindungi kepala kamu saat terjadi tubrukan.
  2. Tubrukan pesawat yang terjatuh biasanya tidak hanya 1-2 kali, jadi selalu waspada
  3. Saat jatuh di laut, sebaiknya lepaskan sepatu dan pakaian yang memberatkan sebelum pesawat memasuki air. Hal ini bertujuan untuk mempermudah kamu saat berenang atau mengapung
  4. Keluarkan benda-benda tajam seperti pulpen, pensil, dll dari dalam saku kamu sebelum tabrakan terjadi. Lebih baik lagi, jangan membawa barang-barang tersebut sama sekali. Hampir semua benda yang terlepas dalam pesawat dapat menjadi proyektil mematikan dalam kecelakaan pesawat.
  5. Baca tips yang harus di perhatikan saat berada di pesawat yang akan jatuh selengkapnya disini
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Pesawat Jatuh, Lakukan Cara Ini untuk Selamat! ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : https://www.enjoy-wisata.com/2018/10/pesawat-jatuh-lakukan-cara-ini-untuk.html

Bookmark and Share

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar... Baca dulu, baru komentar

Posting Komentar

Terima kasih atas kiriman komentarnya
Tim Sentosa Wisata akan segera menjawab

-Fast Response by WA 087889375533, 081297806480, 085692001204, 08990830702