Tradisi Unik Merayakan Tahun Baru di Bebagai Negara

Diposting oleh Enjoy Wisata

Tahun baru pasti identik dengan pawai dan kembang api. Namun, di beberapa negara biasanya terdapat tradisi-tradisi unik untuk menyambut pergantian tahun. Misalnya saja seperti di Jepang yang memiliki tradisi yang dinamakan Joya No Kane yang berarti membunyikan lonceng di kuil-kuil sebanyak 108 kali menjelang detik detik pergantian tahun baru. Adapula tradisi akhir tahun yang mengajak hewan ternak untuk ikut merayakan pergantian tahun. Dan berikut ini kami akan menjelaskan beberapa tradisi unik untuk menyambut pergantian tahun baru yang dilakukan di berbagai negara.

Jepang

Negara yang memiliki julukan negeri sakura ini ternyata mempunyai tradisi unik sebelum merayakan pergantian tahun dengan kembang api. Pada saat malam tahun baru, biasanya di berbagai negara, mereka merayakan dengan melakukan pawai. Namun berbeda dengan negri sakura ini, masyarakat Jepang merayakan malam tahun baru dengan pergi ke berbagai Kuil untuk berdoa dan kemudian mereka akan secara bergantian membunyikan lonceng kemudian berdoa tentang harapan-harapan yang di inginkan di tahun yang baru. Setiap lonceng yang berada di kuil biasanya akan dibunyikan sebanyak 108 kali, 107 kali sebelum pergantian tahun dan 1 kali setelah tahun berganti. Angka 108 ini mempunyai makna yang berarti betapa banyaknya jumlah penderitaan dan rintangan yang dialami manusia dalam kehidupan sesuai dengan ajaran Budha.


Filipina

Banyak tradisi-tradisi unik yang dilakukan oleh warga Filipina untuk menyambut tahun baru. Anak-anak biasanya akan melompat setinggi-tingginya pada saat tepat pukul 12 malam. Selain itu, para warga juga akan membuat keributan seramai dan sekeras mungkin. Entah untuk menyalakan kembang api, petasan, atau berteriak sekencang-kencangnya. Ini merupakan tradisi turun menurun yang mempunyai makna bahwa mengeluarkan suara sekeras-kerasnya dapat membuang aura negatif dan jahat. Dan tradisi unik lainnya yang ada di Filipina adalah mengenakan sesuatu yang bernuansa lingkaran atau bulat. Mereka percaya bahwa lingkaran adalah simbol Pengharapan Rezeki. Oleh karna itu, kalau kamu bermalam tahun baruan di Filipina, kamu akan melihat berbagai baju motif polkadot bertebaran dimana-mana.

Spanyol

Tradisi unik lainnya ada di Negeri Matador, momen pergantian tahun adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh warga Spanyol. Entah anak-anak, pemuda, orang dewasa, bahkan lansia akan memenuhi pusat keramaian atau berkumpul bersama keluarga di ruang tamu. Masing-masing orang membawa buah anggur sebanyak 12 buah untuk dimakan ketika pergantian tahun tiba. Tradisi ini mempunyai makna yang berarti setiap anggur yang dimakan melambangkan setiap bulan yang sudah berlalu dan harus dihabiskan. Pada tradisi ini, seharusnya setiap orang akan memakan satu persatu buah anggur hingga 12 buah. Melainkan banyak sekali yang memakan sekaligus 3-4 buah anggur sekaligus supaya seluruh buah anggur bisa termakan semuanya. Sangat unik bukan?


Yunani

Apakah kamu pernah mendengar ada koin atau cincin yang sengaja di letakan dalam kue? Jika iya, ini merupakan cara warga Yunani untuk merayakan pergantian tahun. Ditempat lain, biasanya kegiatan ini digunakan untuk melamar kekasih saat dinner. Namun berbeda dengan yang dilakukan warga yunani, ini merupakan tradisi ''Vasilopita'' atau yang biasa kita kenal dengan memasukan benda asing ke dalam kue atau roti. Tradisi ini sudah turun menurun dan sampai saat ini masih ada warga yang melakukan tradisi Vasilopita ini. Warga Yunani yang melakukan tradisi ini, akan membuat Roti atau Kue yang di dalamnya sengaja dimasukan jimat atau koin yang dianggap membawa keberuntungan di tahun yang akan datang. Biasanya setiap kepala keluarga akan membagikan vasilopita kepada anggota keluarganya dan kerabat terdekatnya.

Romania

Tradisi unik terakhir yang terbilang aneh terdapat di Romania. Tak mau kalah dengan manusia, sapi-sapi dan hewan ternak lainnya yang ada di Romania pun akan diajak bergembira dan meramaikan Pergantian tahun bersama manusia. Menurut kepercayaan setempat, jika hewan ternak yang dimiliki para peternak dapat diajak merayakan pergantian tahun, maka mereka akan mendapatkan keberuntungan di tahun yang akan datang. Selain itu, ada juga tradisi yang dimana para peserta memakai kostum beruang dan menari-nari dari rumah ke rumah untuk mengusir aura jahat. Tradisi ini dinamakan Bear Dance.

Itulah beberapa tradisi yang terbilang cukup unik dari beberapa negara untuk menyambut pergantian tahun. Meskipun aneh, itu bisa menjadi salah satu destinasi yang bisa kamu masukan apabila berlibur tahun baru di negara tersebut. Apabila kamu bosan merayakan tahun baru di Indonesia, kami juga menyediakan berbagai Paket Tour Tahun Baru untuk menemani pergantian tahun baru 2018-2019. Mulai dari Paket Tour Tahun Baru Dubai, Paket Tour Tahun Baru Hongkong-Shenzen, Paket Tour Singapore, Paket Tour Malaysia, dsb. Untuk info lebih lanjut mengenai Paket Tour Tahun Baru 2018-2019 ini, kamu bisa menghubungi kami di 021 - 2232 1476 / 087889375533 / 081297806480 / 085692001204 / 08990830702 atau Line @SentosaWisata (using @)
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Tradisi Unik Merayakan Tahun Baru di Bebagai Negara ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : https://www.enjoy-wisata.com/2018/08/tradisi-unik-merayakan-tahun-baru-di.html

Bookmark and Share

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar... Baca dulu, baru komentar

Posting Komentar

Terima kasih atas kiriman komentarnya
Tim Sentosa Wisata akan segera menjawab

-Fast Response by WA 087889375533, 081297806480, 085692001204, 08990830702