Mengetahui Fasilitas Economy Class hingga First Class Maskapai di Indonesia

Diposting oleh Enjoy Wisata

Berpergian dengan menggunakan pesawat terbang memang sudah menjadi favorit banyak orang. Entah melakukan perjalanan jarak jauh maupun jarak dekat. Dengan segala kemudahan serta kenyamanan yang ditawarkan oleh pihak maskapai, pesawat terbang memang patut menjadi alat transportasi terfavorit untuk berpergian. Tapi sebelum kamu memesan tiket dan melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang, taukah kamu terdapat perbedaan kelas di setiap maskapai. Mulai dari kelas ekonomi, kelas bisnis, bahkan first class yang akan ditawarkan oleh pihak maskapai di Indonesia. Berikut ini kita akan membahas berbagai kelas dan juga fasilitas yang ditawarkan oleh maskapai yang beroperasi di Indonesia.

Garuda Indonesia

Maskapai andalan Indonesia ini merupakan maskapai bintang lima yang memiliki berbagai kelas yang bisa dipilih calon penumpang saat membeli tiket. Setiap kelas yang ditawarkan memiliki kelebihan masing-masing yang akan memanjakan penumpang selama penerbangan. Dan berikut ini kita akan jelaskan secara rinci berbagai kelas dan fasilitas yang ditawarkan oleh Garuda Indonesia.

Seat Economy Class Garuda Indonesia

Kelas Ekonomi

Berikut ini adalah fasilitas yang tersedia di Kelas Ekonomi Garuda Indonesia, seperti :
  • Tempat duduknya yang berukuran 30–32 inci (kecuali di armada pesawat New Generation 737 yang menggunakan kursi sebesar 31–32 inci) untuk kelas ekonomi dengan penerbangan jarak dekat.
  • Ruang kaki kelas ekonomi Garuda Indonesia juga tergolong lega dengan lebar 17 inci.
  • Jika ingin memakai selimut dan bantal tambahan, penumpang biasanya harus memesan terlebih dulu sebelum penerbangan.
  • Untuk kelas ekonomi dengan penerbangan jarak jauh, kursi yang dipakai berukuran 32–35 inci pada armada Boeing 747 dan 33–34 inci pada Airbus A330.
  • Semua kursi dilengkapi dengan layar sentuh berukuran 9 inci dan headphone untuk menikmati inflight entertainment.
  • Semua penumpang mendapatkan makanan dan minuman selama penerbangan.

Seat Business Class Garuda Indonesia

Kelas Bisnis

Berikut ini adalah fasilitas yang tersedia di Kelas Bisnis Garuda Indonesia, seperti :
  • Tempat duduknya berdesain ergonomis dengan ruang kaki yang lega selebar 106 cm
  • Untuk kelas bisnis jarak dekat, Garuda Indonesia memiliki konfigurasi tempat duduk 2–2 dengan lebar 42–44 inci. Namun untuk pesawat Boeing 737 terbaru, lebar seatnya adalah 41 inci.
  • Di penerbangan Internasional makanan yang disajikan bervariasi, seperti makanan khas Eropa, Asia, Jepang, Cina dan juga Indonesia.
  • Tersedia wine, champagne, minuman beralkohol, bir dan minuman ringan untuk menemani penerbangan ke Eropa dan Australia.
  • Untuk penerbangan domestik, kelas bisnis ini menyediakan makanan panas untuk semua penumpang.
  • Di armada pesawat Airbus A330–200 terdapat flat-bed baru dengan lebar kursi 74 inci dan penumpang dapat berbaring hingga 180 derajat.
  • Kursi Kelas Bisnis dilengkapi dengan layar sentuh LCD berukuran 11 inci dengan Audio Video On Demand (AVOD) di setiap kursi untuk menikmati inflight entertainment.
  • Terdapat power supply laptop di setiap kursi

Seat First Class Garuda Indonesia

Kelas Satu (First Class)

Dan berikut ini adalah fasilitas yang tersedia di First Class Garuda Indonesia, seperti :
  • Sebelum memulai penerbangan, penumpang akan dijemput terlebih dahulu dengan mobil mewah seperti Toyota Alphard atau Limousine. Layanan ini tersedia untuk penumpang dari area Jabodetabek yang ingin ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
  • Memiliki Asisten First Class yang akan mengurus semua hal, mulai dari membawa bagasi, proses imigrasi hingga mengantar ke dalam pesawat.
  • Bisa menikmati First Class Lounge dengan berbagai fasilitas kelas atas yang bisa digunakan untuk menunggu penerbangan.
  • Saat boarding, penumpang tidak perlu mengantri karena ada jalur khusus untuk penumpang first class.
  • Kursi ergonomis dengan luar 82 inci dan lebar 22 inci dan bisa menjadi tempat tidur datar lengkap dengan matras, selimut, bantal dan juga ottoman.
  • Setiap suite di first class dilengkapi dengan sliding door, seat control dengan panel layar sentuh dan pembatas bagi suite lini tengah.
  • Inflight entertainment berupa layar LCD sebesar 23.5 inci dengan remote control dan headphone kedap suara.
  • Lampu baca pribadi, alat tulis eksklusif, perlengkapan mandi branded, sandal untuk penerbangan jauh.
  • Menu makanan Indonesia dan Internasional yang disiapkan oleh Chef on-board.
  • Free Wi-fi selama penerbangan.
  • Layanan after flight dimana akan disambut oleh asisten first class yang akan mengurus bagasi, imigrasi dan mengantar ke tujuan dengan layanan Limousine Service (layanan ini bervariasi di setiap destinasi)

AirAsia

Maskapai penerbangan yang berpusat di Bandara Internasional Kuala Lumpur ini merupakan maskapai terbesar di Malaysia, dengan jaringan rute di Indonesia, Arab Saudi, Jepang, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Vietnam serta rute carter menuju Cina dan Hong Kong. Dan berikut ini kita akan jelaskan juga berbagai kelas dan fasilitas yang ditawarkan oleh Maskapai asal Malaysia ini.


Seat Economy Class AirAsia

Kelas Ekonomi

Untuk semua penumpang kelas ekonomi yang melakukan penerbangan dengan AirAsia, fasilitas yang di dapatkan sangat terbilang biasa. Yaitu hanya free bagasi kabin seberat 7 kg. Tidak ada makanan maupun minuman gratis yang diberikan, namun tersedia makanan berat maupun ringan yang bisa penumpang beli di atas pesawat.

Seat Business Class AirAsia

Kelas Bisnis

Berbeda dengan kelas ekonomi, fasilitas yang diberikan untuk kelas bisnis lebih banyak dibandingkan kelas ekonomi, yaitu layanan Red Carpet dengan fasilitas check in di ruang khusus, akses gratis lounge, bisa masuk jalur antrian cepat, pilih kursi, bagasi 40 kg, layanan bagasi prioritas, makanan serta premium flat bed dengan bantal dan selimut. Spesifikasi flat bed di AirAsia X yaitu lebar 20 inci, celah antara tempat duduk 60 inci dan jarak ketika dalam posisi berbaring adalah 77 inci.

Sriwijaya Air

Sriwijaya Air yang merupakan maskapai penerbangan terbesar ketiga di Indonesia ini juga menawarkan kelas dengan fasilitas yang memadai. Terdapat dua kelas dalam layanannya yaitu kelas ekonomi dan kelas ekonomi khusus yang biasa disebut Executive Class. Untuk kelas ekonomi, fasilitas yang bisa didapatkan oleh penumpang adalah bagasi check-in gratis seberat 20 kg dengan jarak kursi 30 inci serta makanan dan minuman ringan. Sedangkan untuk kelas ekonomi khusus, fasilitas yang didapatkan pun cukup khusus juga, yaitu akses ke lounge eksekutif, check-in terpisah, bebas biaya pembatalan pemesanan, kendaraan khusus dari lounge ke pesawat, bagasi gratis 30 kg dan makanan dan minuman selama penerbangan.


Batik Air

Maskapai yang tergabung dalam Lion Air Group ini memiliki 12 kursi untuk kelas bisnis dan 168 kursi untuk kelas ekonomi. Maskapai yang baru beroperasi pada Mei 2013 ini memiliki kelas ekonomi dan bisnis. Fasilitas yang ada di Batik Air adalah tempat duduk nyaman dengan jarak antar kursi 35 inci untuk kelas ekonomi dan 45 inci untuk kelas bisnis. Setiap kelas yang dipilih, penumpang juga mendapatkan LCD di setiap kursi sebagai bagian dari inflight entertainment Batik Air, bagasi gratis 20 kg untuk kelas ekonomi dan 30 kg untuk kelas bisnis serta makanan dan minuman gratis selama penerbangan. Sebagai info, Batik Air tidak menyediakan headset untuk mendengar musik atau menonton film sehingga penumpang harus membeli headset dari pramugari maupun membawa headset sendiri.

Lion Air

Maskapai yang merupakan perusahaan swasta terbesar di Indonesia dengan jaringan rute di Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Australia, India, Arab Saudi, dan Jepang, serta rute charter menuju Cina Hong Kong, Korea Selatan, dan Makau. Tak memungkinkan Lion Air memiliki kelas ekonomi dan bisnis pada beberapa rute. Untuk kelas ekonomi, penumpang mendapatkan fasilitas free bagasi kabin seberat 7 kg dan bagasi check-in 20kg. Tidak ada inflight entertainment dan makanan minuman gratis yang diberikan kepada penumpang.

Citilink

Maskapai bertarif rendah yang merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia ini tidak memiliki kelas bisnis. Sebagai maskapai bertarif rendah, Citilink menawarkan berbagai fasilitas yang memanjakan semua penumpangnya, yaitu free kabin bagasi 7 kg dan 20 kg untuk bagasi check-in. Selain itu, penumpang juga bisa memilih sendiri tempat duduk pada saat check-in online. Perlu diketahui juga bahwa Citilink tidak menawarkan inflight meals secara gratis, namun penumpang bisa membeli makanan panas, cemilan serta minuman saat melakukan penerbangan.

Sementara untuk kelas bisnis yang ditawarkan terdapat ruang kabin yang lebih lega, ruang kaki yang memiliki luas 38 inci dan makanan minuman gratis selama penerbangan. Untuk bagasi, ada bagasi kabin gratis 7kg dan 30kg untuk bagasi check-in. Bagi yang check-in secara online bisa memilih tempat duduk tanpa biaya tambahan, sedangkan jika check-in di bandara akan diberikan seat yang tersedia dan tidak bisa dipilih.

Itulah berbagai kelas dan fasilitas yang bisa kamu dapatkan dari beberapa maskapai yang ada di Indonesia. Meskipun setiap maskapai memiliki fasilitas yang berbeda, semua itu tergantung dari biaya yang ingin kamu keluarkan untuk melakukan penerbangan. Dan untuk kamu yang sudah memiliki tiket pesawat dan ingin melakukan perjalanan wisata, kami menyediakan berbagai Paket Tour untuk menemani liburan kamu. Mulai dari Paket Tour Kuala Lumpur Genting Sunway Lagoon, Paket Tour Beijing Shanghai Murah, Hingga Paket Tour Umroh Exclusive
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Mengetahui Fasilitas Economy Class hingga First Class Maskapai di Indonesia ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : https://www.enjoy-wisata.com/2018/08/mengetahui-fasilitas-economy-class.html

Bookmark and Share

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar... Baca dulu, baru komentar

Posting Komentar

Terima kasih atas kiriman komentarnya
Tim Sentosa Wisata akan segera menjawab

-Fast Response by WA 087889375533, 081297806480, 085692001204, 08990830702