Tips Menghadapi Bencana Alam saat Berlibur

Diposting oleh Enjoy Wisata

Indonesia baru-baru ini ditimpa berbagai bencana alam seperti gempa yang terjadi di Lombok dan Bali. Menurut info yang dilansir, ada ratusan rumah yang rusak berat, lebih dari 16 orang meninggal dunia dan 5 ribu orang masih berada di penampungan. Gempa memang sering terjadi di wilayah Indonesia, bahkan BMKG menyebutkan setidaknya ada 133 gempa yang terjadi di Bali dan Lombok.

Tapi pernahkah kamu membayangkan apa yang akan dilakukan jika kamu sedang berlibur dan tiba-tiba terjadi bencana alam yang tidak di inginkan. Memang tidak ada yang menginginkan hal itu terjadi, tapi apasalahnya jika kita mengantisipasi kejadian tersebut untuk diri sendiri. Berikut ini Sentosa Wisata akan memberikan tips yang harus kamu lakukan jika terjadi bencana alam ketika sedang berlibur.

Jangan Panik


Hal yang harus kamu lakukan pertama kali adalah jangan panik apabila terjadi sesuatu yang tidak di inginkan. Apabila kamu panik, justru akan membuat kamu tidak terkontrol dan akan membahayakan diri sendiri. Untuk kamu yang suka panik, atur nafas dengan cara hirup udara dari hidung dan tahan 3-5 detik dan buang perlahan dari mulut. Dengan begitu, akan membuat kamu menjadi lebih tenang dan menghilangkan sedikit kepanikan.

Cari Tahu Jalan Keluar dari Tempat Tersebut


Setelah kamu tenang dan tidak panik, yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah cari tahu jalan keluar dari tempat tersebut. Keluarlah dengan tertib dan tidak terburu-buru. Dengan begitu, akan mempercepat masa evakuasi. Keluarlah menggunakan pintu darurat untuk kamu yang sedang berada di sebuah tempat besar dan pastikan juga kamu mengirimkan jadwal perjalanan ke orang-orang terdekat yang tidak ikut kamu berlibur, itu bermaksud agar kamu mudah dilacak serta diketahui keberadaannya.

Perhatikan Instruksi Pemandu


Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah, pastikan kamu memperhatikan setiap instruksi yang diminta oleh pemandu. Ini merupakan hal yang penting apabila terjadi bencana alam ketika kamu sedang berwisata atau berlibur. Jangan pernah menganggap remeh instruksi pemandu, karna mereka yang akan memberikan pengarahan agar kamu tetap selamat.

Kenali History Lokasi


Pastikan kamu memahami sejarah bencana yang terjadi di destinasi yang ingin dituju. Ini akan membantu kamu untuk selalu siap siaga dalam berwisata. Bukan hanya sekedar berfoto-foto, tapi ketahuilah historical background dari destinasi tersebut. Pastikan pula destinasi yang kamu rencanakan dilengkapi oleh Guide wisata yang bisa membuat kamu tetap aman.

Tentukan Waktu berlibur yang tepat


Ini merupakan salah satu antisipasi yang harus dilakukan sebelum kamu berangkat berlibur. Pastikan kamu berlibur di waktu yang tepat. Misal kamu ingin berlibur ke pulau, pastikan kamu mengetahui cuaca serta ombak yang terjadi pada tanggal yang sudah ditentukan. Jangan memaksa berlibur apabila cuaca serta ombak tidak bersahabat.

Itulah beberapa hal yang harus kamu lakukan jika terjadi bencana alam ketika sedang asik berlibur. Memang tidak ada seseorang pun yang ingin kejadian tersebut menimpa kita. Tapi dengan membaca artikel ini, semoga bagi kamu yang sudah merencanakan liburan bisa mengantisipasi ketika hal yang tidak di inginkan terjadi. Bagi kamu yang belum merencanakan liburan, kamu bisa mengambil Paket Tour dari Sentosa Wisata. Banyak sekali Paket Tour yang bisa menemani kamu berlibur dengan aman dan tenang. Seperti Paket Tour Bangkok Pattaya, Paket Tour Disneyland Hongkong, dan Paket Tour Korea.
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Tips Menghadapi Bencana Alam saat Berlibur ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : https://www.enjoy-wisata.com/2018/07/tips-menghadapi-bencana-alam-saat.html

Bookmark and Share

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar... Baca dulu, baru komentar

Posting Komentar

Terima kasih atas kiriman komentarnya
Tim Sentosa Wisata akan segera menjawab

-Fast Response by WA 087889375533, 081297806480, 085692001204, 08990830702