Fakta Menarik Balon Udara

Diposting oleh Enjoy Wisata

Pernahkah kamu membayangkan berkeliling di udara seperti burung, melihat indahnya pemandangan dari ketinggian. Bukan menggunakan helikopter ataupun pesawat. Melainkan menggunakan Balon Udara. Balon udara merupakan sejenis pesawat terbang yang menggunakan Balon sebagai bahan utama yang dipompa oleh udara.

Pada awal pembuatannya, Balon Udara pertama kali dipompa menggunakan hidrogen. Namun dikarnakan resiko ledakan yang besar, membuat hidrogen tidak digunakan untuk memompa balon udara. Melainkan Gas Mulia Helium digunakan sebagai media penganti hidrogen. Di Indonesia, balon udara memang banyak mendapatkan respon negatif. Namun berbeda dengan di Negara Turki. Di Negara ini, Balon udara menjadi tempat wisata rekreasi yang wajib banget di kunjungi. Tapi taukah kamu bahwa terdapat fakta yang wajib kamu ketahui tentang balon udara. Berikut ini Sentosa Wisata akan memberitahu 5 Fakta yang wajib kamu ketahui tentang balon udara.

Sejarah Balon Udara Panas Pertama


Balon Udara Pertama kali ditemukan di Prancis pada tahun 1782. Pada saat itu terdapat kakak beradik yang melihat kertas terbang menggunakan uap di cerobong asapnya. Kemudian mereka mencari tau kenapa hal itu bisa terjadi. Setelah itu, mereka membuat eksperimen kecil dengan menggunakan tas kecil dari sutra yang diletakan dibawah kertas yang dibakar pada sebuah lubang. Dan hasilnya tas itu bisa terbang mencapai ketinggian 7 meter. Dari situlah, mereka membuat eksperimen yang lebih besar dan pada tahun itu, mereka menerbangkan balon udara pertama di dunia.

Bergantung Pada Angin


Meskipun untuk saat ini balon udara sudah canggih dan dapat di arahkan oleh pilot, tapi itu semua akan berbantung pada angin. Ketika angin besar datang, bisa saja balon udara tersebut mengikuti arus angin dan tidak dapat dikendalikan oleh sang pilot.

Cuaca


Memang cuaca sangat penting untuk mengendalikan balon udara yang terbang hanya menggunakan uap panas. Ada baiknya, cuaca dingin sangat cocok untuk menerbangkan balon udara dikarnakan sifat udara panas yang akan naik diatas udara dingin.

Tidak dapat terbang ketika hujan


Berbeda dengan transportasi udara lainnya seperti helikopter dan pesawat. Balon udara tidak akan bisa terbang ketika hujan, hal ini di karenakan panas yang dihasilkan oleh udara panas di dalam balon membuat setiap air yang jatuh di atasnya mendidih. Sehingga sangat berbahaya apabila dipaksakan untuk menerbangkan balon udara.

Tidak Murah


Fakta terakhir yang harus kamu ketahui adalah, bahwa apabila kamu ingin menaiki balon udara akan merogoh kocek yang tidak sedikit. Pasalnya dengan menaiki balon udara, keselamatan penumpang wajib di utamakan, oleh karna itu banyak asuransi yang harus ditanggung dan tempat untuk menerbangkan balon udara pun harus membutuhkan lahan yang luas dan aman dari lintasan penerbangan.

Itulah beberapa fakta mengenai balon udara yang bisa kami sampaikan untuk menambah informasi para travelers. Apabila kamu ingin mencoba menaiki Balon Udara, kami juga menyediakan Paket Tour Turki yang salah satu destinasinya adalah Cappadocia Turki, sebuah tempat balon udara bebas terbang melayang.
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Fakta Menarik Balon Udara ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : https://www.enjoy-wisata.com/2018/07/fakta-menarik-balon-udara.html

Bookmark and Share

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar... Baca dulu, baru komentar

Posting Komentar

Terima kasih atas kiriman komentarnya
Tim Sentosa Wisata akan segera menjawab

-Fast Response by WA 087889375533, 081297806480, 085692001204, 08990830702