Wisata Sehat ke Alam Bersama Keluarga

Diposting oleh Enjoy Wisata

Liburan Sehat untuk Keluarga

Sudah punya rencana liburan seru untuk akhir tahun? Bagaimana kalau mengajak anak dan keluarga liburan ke alam? Selain lebih sehat, berwisata ke alam bisa menambah wawasan anak tentang lingkungan hidup di sekitar mereka. Anak-anak juga bisa belajar untuk lebih mencintai alam. Dan yang terpenting adalah kegiatan ini memiliki dampak positif bagi kesehatan anak. Berikut kami akan memberikan keuntungan bila berwisata ke alam.

  • Memiliki mata yang sehat

Di era modern dan digital seperti sekarang, gadget menjadi sahabat bagi anak-anak. Akibatnya, mereka lebih sering menghabiskan waktu di dalam ruangan ketimbang bermain di luar rumah. Fenomena itu, menurut dr. David Allamby, seorang dokter mata dan direktur klinik mata Focus di London, mendorong anak-anak menderita miopia atau rabun jauh.

Pengamatan David juga didukung oleh delapan penelitian yang telah dilakukan para ilmuwan dari Universitas Cambridge. Berdasarkan analisis mereka, paparan cahaya alami dan kesempatan melihat obyek yang jauh menjadi kunci penurunan risiko rabun jauh pada anak. Jadi, jangan biarkan keluarga dan anak-anak anda terkena penyakit seperti itu.

  • Terhindar dari obesitas

Obesitas menjadi masalah kesehatan yang mendapat perhatian internasional dalam beberapa tahun terakhir. Studi yang diterbitkan di jurnal Pediatrics edisi Januari 2015 oleh Laura Basterfield menunjukkan bahwa rendahnya aktivitas fisik yang dilakukan anak-anak sampai orang dewasa khususnya anak menjadi penyebab utama obesitas. Peneliti pun menyarankan agar anak-anak dibiasakan untuk aktif di luar rumah atau lebih sering diajak jalan-jalan.

  • Meningkatkan kesehatan mental

Kegiatan outdoor / alam sangat bermanfaat bagi kesehatan mental. Pernyataan itu disampaikan oleh dr. Garrett Burris, seorang ahli saraf pediatrik di Australia. Garett meminta para orang tua untuk lebih sering mengajak anak melakukan kegiatan outdoor, khususnya bila mereka mempunyai anak dengan ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder.

ADHD adalah gangguan pada otak yang membuat anak jadi impulsif, susah berkonsentrasi dan hiperaktif. Melalui kegiatan outdoor yang menyenangkan, anak dengan ADHD bisa belajar untuk mengontrol emosi dan konsentrasi mereka.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Faktanya, anak yang hidup di daerah hijau seperti pedesaan memiliki sistem kekebalan tubuh lebih tinggi daripada anak yang tinggal di perkotaan. Berdasarkan hasil penelitiannya, dr. Thom McDade, PhD, profesor dan direktur Laboratory for Human Biology Research at Northwestern University, menyimpulkan bahwa anak-anak yang jarang terpapar parasit, bakteri dan virus, cenderung menderita alergi, asma dan penyakit autoimun lainnya saat dewasa. Maka, anak-anak perlu diberi kesempatan untuk menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan, sehingga bisa melatih sistem kekebalan tubuh mereka.

Itulah beberapa keuntungan yang di dapatkan jika Anda berniat untuk wisata di alam. Semoga artikel ini dapat memberikan solusi untuk Anda yang ingin berlibur lebaran bersama keluarga. Jika tidak ingin repot, kami sebagai tour and travel juga mempunyai Paket Tour Lebaran 2018 untuk menemani liburan lebaran Anda beserta Keluarga.
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Wisata Sehat ke Alam Bersama Keluarga ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : https://www.enjoy-wisata.com/2018/04/wisata-sehat-ke-alam-bersama-keluarga.html

Bookmark and Share

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar... Baca dulu, baru komentar

Posting Komentar

Terima kasih atas kiriman komentarnya
Tim Sentosa Wisata akan segera menjawab

-Fast Response by WA 087889375533, 081297806480, 085692001204, 08990830702