Gunung Yang Cocok Untuk Pendaki Pemula

Diposting oleh Enjoy Wisata


Indonesia ini punya banyak sekali gunung tinggi, baik yang masih aktif atau tidak. Keberadaan gunung-gunung di Indonesia itu pula menarik minat para penyuka kegiatan pendakian gunung. Mulai dari yang pemula hingga yang sudah berpengalaman.

Nah, dari sekian banyak gunung yang ada di Indonesia, ada beberapa yang adalah gunung yang cocok untuk didaki oleh pemula. Bisa dibilang, beberapa gunung ini bisa digunakan untuk berlatih kalian-kalian yang ingin menjadi pendaki gunung berpengalaman. Berikut ini adalah gunung di Indonesia yang cocok untuk pendaki pemula!

Gunung Papandayan


Gunung yang berada di Garut, Jawa Barat ini adalah salah satu gunung favorit untuk pemula. Terutama untuk yang tinggal di Garut dan sekitarnya. Akses transportasi umum untuk menuju titik pendakian cukup mudah dan banyak.

Gunung Papandayan juga merupakan gunung yang mempunyai banyak kawah seperti Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Tidak ketinggalan di gunung ini juga terdapat padang Edelweis luas yang dikenal dengan nama Tegal Alun. Tapi ingat, Bunga Edelweisnya jangan dipetik ya.

Selain kawah dan padang bunga edeleweis tadi, Gunung Papandayan juga punya kawasan hutan mati yang ngehits karena tempatnya memang fotogenik dan pemandangannya keren. Jadi, kalau kesini sebaiknya bawa kamera yang mumpuni untuk mengambil pemandangan hutan mati.

Gunung Pulosari


Gunung Pulosari terletak di Pandeglang, Banten, Gunung Pulosari merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif, namun sejauh ini belum pernah meletus. Keindahan puncak gunung pulosari memang cukup menarik bagi para pecinta alam, dan yang paling terkenal dari Gunung Pulosari adalah jalur vertikalnya, cobalah sesekali mendaki gunung ini dan rasakan sensasinya.


Gunung Andong


Gunung Andong terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, gunung satu ini populer setelah foto-fotonya tersebar di internet, banyak orang mengaku jika pemandangan di Puncak Andong cukup indah, terlebih lagi Gunung Merbabu dan Merapi yang menjulang tinggi di depan mata. Saat cuaca cerah kita bisa melihat deretan gunung lainnya, mulai dari Gunung Sumbing, Sindoro, Ungaran, Telomoyo hingga Prau yang terletak di Wonosobo. Gunung Andong sendiri memiliki 3 puncak, yaitu Puncak Makam, Puncak Alap-Alap dan Puncak Andong yang paling tinggi. Pendakian Gunung Andong memakan waktu kurang lebih 1,5 jam tergantung kecepatan kamu saat mendaki, walaupun tergolong tidak terlalu tinggi, namun jalur yang harus kita lalui cukup membuat lelah, karena hanya terdapat sedikit jalur datar, dan selebihnya menanjak terus.

Gunung Gede


Untuk sampai ke puncak Gunung Gede yang memiliki ketinggian 2.958 mdpl sebenarnya ada beberapa cara. Namun untuk kalian yang masih pemula disarankan mengambil jalur Cibodas dengan jalur pendakian yang cukup landai.

Melewati jalur itu kira-kira kalian akan menempuh waktu sekitar 6 jam perjalanan. Sebaiknya jangan lupa membawa peralatan yang pendakian yang lengkap ya. Karena perlengkapan kalian nanti akan dicek petugas sebelum pendakian dimulai. Disini kalian juga harus mewaspadai udara dingin, dengan membawa baju hangat dan jaket yang cukup. Alasannya adalah biar kalian gak kena hipotermia.

Menuju Gunung Gede yang menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di Bogor, Jawa Barat cukup mudah. Apalagi ini adalah salah satu gunung favorit para pendaki, baik yang pemula maupun yang sudah berpengalaman. Pemandangannya keren, di perjalanan, kalian bisa menemukan berbagai tempat menarik seperti air terjun Cibeureum, sumber air panas, telaga, maupun padang edelweis alun-alun Surya Kencana.

Gunung Ngglangerang


Gunung Ngglangerang merupakan gunung api purba yang terbentuk dari susunan karst atau semacam kawasan batu gamping. Untuk mencapai desa Nglanggeran, kamu perlu menempuh perjalanan selama kurang lebih satu jam dengan kendaraan bermotor.

Gunung ini sangat direkomendasikan untuk yang baru pertama kali mendaki gunung. Dengan medan yang landai, gunung ini berketinggian 700mdpl dan kamu hanya butuh waktu sekitar satu jam untuk sampai di puncak gunung.

Itulah beberapa rekomendasi Gunung yang cocok untuk kamu pendaki pemula, bagi kamu yang masih muda dan belum punya target hidup baca juga artikel kita 5 Kegiatan yang Wajib di Coba! dan bagi kamu yang ingin berlibur lebaran, kami juga menyediakan berbagai macam Parket Tour Lebaran untuk memudahkan perjalanan wisata lebaran kamu.
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Gunung Yang Cocok Untuk Pendaki Pemula ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : https://www.enjoy-wisata.com/2018/04/gunung-yang-cocok-untuk-pendaki-pemula.html

Bookmark and Share

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar... Baca dulu, baru komentar

Posting Komentar

Terima kasih atas kiriman komentarnya
Tim Sentosa Wisata akan segera menjawab

-Fast Response by WA 087889375533, 081297806480, 085692001204, 08990830702