Keunikan Masjid Dome of Rock dalam Islam

Diposting oleh Unknown


Melalui perintah sang ayah, Al-Walid bin Abdul Malik membangun sebuah kubah di atas batu besar, di tengah-tengah halaman depan Masjid Al-Aqsha Al-Mubarak. Untuk membangunnya , Al-Walid memanggil tukang bangunan dan arsitek paling mumouni . pembangunannya memakana waktu sekitar 4 tahun , dan selesai pada tahun 72 Hijriah . Orang-orang mengenal kubah ini sebagai Masjid Qubbah AS-Shakhrah ( Kubab Batu / Dome of the Rock ).

Spesifikasi Qubbat ASh-Shakhrah

Bangunan Masjid Qubbat ASh-Shakhrah memiliki panjang sekitar 18 meter , mempunyai lebar sekitar 13 meter, dan tingginya sekitar 1 meter dengan bentuk tidak beraturan . Dari arah barat , sisi nampak lebih tinggi , dan dari arah timur sisinya terlihat lebih rendah. Dibawah kubah terdapat gua besar yang bisa dimasuki dari sisi selatan.

Kedudukan Masjid Qubbat Ash-Shakhrah dalam Islam

Keunikan Masjid Dome of Rock dalam Islam Qubbah  Ash-Shakhrah merupakan bagian tak terpisahkan dari Masjid Al-Aqsha Al-Mubarak . Ia menjadi kiblat bagi kaum Yahudi yang sangat mengagungkannya, bertentangan dengan Nasrani yang sangat melecehkan dan menistakannya. 
Sementara sikap Islam berada di tengah-tengah antara sikap kaum Yahudi dan Nasrani. Ini mengingat, Qubbah Ash-Shakhrah adalah bagian dari Masjid Al-Aqsha Al-Mubarak . Qubbah ASh-Shakhrah merupakan kiblat pertama kaum muslimim, yang setelah ketetapan kiblat itu dihapus (nasakh ), ia tidak lagi memiliki keutamaan apa pun selain merupakan bagian dari halaman Masjid Al-Aqsha yang di berkahi dan dimuliakan oleh Allah Swt.

Tidak ada dalil khusus secara definitif menerangkan bahwa Qubbah Ash-Shakhrah merupakan tempat mi'raj Rasulullah ke langit, sebagaimana yang dikenal masyarakat. Pun demikian , hadits khusus yang menerangkan kemuliaan dan keutamaan Qubbah As-Shakhrah bukanlah hadits shahih.
Ibnu Qayyim menerangkan , " Seluruh hadits yang menjelaskan tentang Qubbah As-Shakhrah adalah hadits bohong atau dusta. "

Ibnu Taimiyah menjelaskan, ' Pada awalahnya ia adalah kiblat , kemudian dihapus ketetapannya. Ia merupakan kiblat kaum Yahudi. Di dalam syariat kita tidak terdapat keterangan yang mengkhususkannya dengan suatu hukum . Sebagaimana di dalam syariat kita tidak ada keterangan yang mengistimewakan hari Sabtu . Mengkhususkannya dengan sebuah pengagungan adalah menyerupai kaum Yahudi ."

Karena itu , ketika menginjakkan kaki di Baitul Maqdis, Umar bin Al-Khaththab As tidak memberikan pengagungan seperti yang dilakukan kaum Yahudi. Namun dia hanya menghilangkan sampah-sampah dan kotoran-kotoran yang dilekatkan oleh kaum Nasrani.
Saat itu , Umrar bertanya kepada Ka'ab bin Al-Ahbar -salah seorang rahib Yahudi sebelum memeluk Islam -," Menurutmu , dimanakah aku harus sholat ? "
"Jika engkau menuruti pendapatku, maka sholatlah dibelakang Ash-Shakhrah , dengan begitu seluruh Al-Quds berada di depanmu," jawab Ka'ab.
Umar menimpali ," Jika demikian, engkau meniru orang-orang Yahudi . Tidak , aku akan sholat di tempat Rasulullah SAW sholat.
Maka Umar segera maju dan menghadap kiblat, lalu mengerjakan sholat. Setelah itu dia bangkit dan membentangkan selendangnya, kemudian mulai menyapu dengannya , hingga akhirnya orang-orang pun turut menyapu mengikutinya.

Mitos seputar Ash-Shakhrah
Penulis kitab Al-Uns Al-Jalil fi Tarikh Al-Quds wa Al-Khalil, Mujirudin Al-Hambali, menyebutkan kisah populer di kalangan masyarakat bahwa posisi Ash-Shakhrah tergantung di antara langit dan bumi , serta tidak menempel ke segenap sisi bumi. yang menopangnya adalah Dzat yang menopang langit. Ia menempel ke bumi hanya melalui izin-Nya. Setelah melansir mitos tersebut, dia menyebut bahwa pendapat tersebut sangatlah aneh . Karena Ash-Shakhrah sejatinya menepel ke bumi dari segala sisinya. Realita pun membuktikan hal itu.


Keunikan Masjid Dome of Rock dalam Islam
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Keunikan Masjid Dome of Rock dalam Islam ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : https://www.enjoy-wisata.com/2013/09/kedudukan-dome-of-rock-dalam-islam.html

Bookmark and Share

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar... Baca dulu, baru komentar

Posting Komentar

Terima kasih atas kiriman komentarnya
Tim Sentosa Wisata akan segera menjawab

-Fast Response by WA 087889375533, 081297806480, 085692001204, 08990830702